c'haELaipoekZ mo3t_cHie sonyeo .@chat......

maJu n teruzZzZ beRjuaNg .......

Senin, 09 Agustus 2010

Tentang Universitas Gajah Mada

Universitas Gadjah Mada
Logo Universitas Gadjah Mada.gif
Gedung utama Balairung.
Didirikan 19 Desember 1949
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Prof. Ir. Soedjarwadi, M.Eng., Ph.D.
Lokasi Yogyakarta, Indonesia
Situs web http://www.ugm.ac.id


Pengantar

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM) adalah suatu lembaga yang terbentuk dari penggabungan antara Lembaga Penelitian UGM dengan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UGM. Dasar penggabungan dua lembaga ini adalah Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada yang tertera dalam SK Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 47/P/SK/HT/2006. Melalui penyatuan ke dua lembaga tersebut diharapkan agar kegiatan penelitian yang dilakukan di UGM dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Diharapkan pula bahwa melalui penyatuan kedua lembaga tersebut maka peran LPPM dalam mendukung terwujudnya visi UGM menjadi Research University bertaraf internasional dapat lebih optimal.

Dalam melaksanakan kegiatannya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM.

Tugas yang diemban oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM) adalah memfasilitasi, mengkoodinasi, dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Gadjah Mada. Berpijak pada tugas ini maka peran pokok yang diemban oleh LPPM UGM adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Gadjah Mada secara berkesinanbungan dan berkelanjutan.

Layanan LPPM

  1. Layanan Masyarakat
    • Kerjasama Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam bidang Sains, Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Agro, Sosial, dan Humaniora, sesuai kebutuhan (needs) dari calon mitra kerta (client).
    • Penyediaan jasa konsultasi penerapan IPTEKS sesuai kebutuhan (needs) dari calon mitra kerja (client).
    • Menyediakan Jasa Pengelolaan Proyek penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penerapan IPTEKS sesuai kebutuhan mitra kerja (client).
    • Melaksanakan Kulian Kerja Nyata Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM).
    • Melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap usaha kecil dan menengah (UKM).
    • Melakukan promosi dan negoisasi bisnis berbasis hak atas kekayaan intelektual (HKI).
  2. Pelatihan
    • Penjaminan Mutu Penelitian (research quality assurance).
    • Penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal internasional.
    • Penyusunan proposal penelitian kerjasama, penelitian interdisipliner, dan penelitian berorientasi paten.
    • Penyusunan draf paten (patent draffting).

Sarana dan Prasarana

  1. Sarana yang tersedia di LPPM
    • Data base riset yang meliputi data penelitian, penabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, dan buku karya staf dosen UGM serta penerbitan jurnal ilmiah oleh instansi-instansi di lingkungan UGM.
    • Buku Riset UGM dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
    • Direktori peneliti UGM.
    • Website LPPM : home page : http://www.lppm.ugm.ac.id
    • Portalpenelitian LPPM yang antara lain mencakup logbook on-line dan sistem on-line submission of research proposal.
    • i-riset UGM sebagai sistem sarana komunikasi jaringan kelompok penelitian di UGM maupun di luar UGM yang di dalamnya antara lain disediakan fasilitas pengembangan e-proposal, e-paper, dan e-seminar.
    • Sistem KKN on-line. Home page : http://www.lppm.ugm.ac.id atau :http://www/ugm.ac.id (Pendaftaran KKN PPM on-line).
  2. Sarana yang tersedia di Lingkungan UGM
      Dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengaabdian kepada masyarakat, dan penerapan IPTEKS, LPPM memobilisasi peneliti dan sarana-prasarana penelitian yang ada dan tersebar di 18 Fakultas, 27 Pusat Studi, Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT), dan Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM. Total peneliti yang ada di UGM berjumlah 2.224 orang dimana 656 orang berdeajad doktor, 1.199 orang berderajad magister, 40 orang berderajad profesi, dan 328 berderajad S1. Dari jumalh tersebut, 211 orang telah mencapai jabatan akademik Guru Besar.

Riset Unggulan UGM

LPPM memfasilitasi dan mengkoordinasi pelaksanaan riset unggulan UGM yang meliputi tema-tema diantaranya adalah sebagai berikut: Smart Materials (Material Cerdas): dikembangan dan dilaksanakan oleh Klaster Sains-Teknologi UGM. Cancer Studies (Studi Kanker): dikembangkan dan dilaksanakan oleh Klaster Kedokteran-Kesehatan UGM. Food Safety and Security (Ketahanan dan Keamanan Pangan): dikembangkan dan dilaksanakan leh Klaster Agro UGM. Social Welfare System (Sistem Kesejahteraan Sosial): dikembangkan dan dilaksanakan oleh Klaster Sosial-Humaniora UGM.

0 komentar:

Posting Komentar

Metode Belajar Matematika: Cara Menguasai Rumus Cepat Matematika

“Bagaimana cara belajar matematika yang benar?”
“Belajar matematika adalah belajar hidup. Matematika adalah jalan hidup.”

Trachtenberg mempertaruhkan jiwanya menentang Hitler. Trachtenberg, setelah menyelami prinsip-prinsip matematika, menyimpulkan bahwa prinsip kehidupan adalah keharmonisan. Peperangan yang terus berkobar, menyulut kebencian tidak sesuai dengan prinsip-prinsip matematika. Matematika adalah keindahan.

Atas penentangannya ini, Hitler menghadiahi Trachtenberg hukuman penjara. Bagi Trachtenberg, perjara bukan apa-apa. Di dalam penjara, dia justru memiliki kesempatan memikirkan matematika tanpa banyak gangguan. Karena sulit mendapatkan alat tulis-menulis, Trachtenberg mengembangkan pendekatan matematika yang berbasis mental-imajinasi.

Seribu tahun sebelum itu, AlKhawaritzmi mengembangkan disiplin matematika baru: aljabar. AlKharitzmi beruntung hidup dalam lingkungan agama Islam yang kuat. Ajaran Islam, secara inheren, menuntut keterampilan matematika tingkat tinggi. Misalnya, Islam menetapkan aturan pembagian waris yang detil. Pembagian waris sistem Islam melibatkan banyak variabel matematis. Variabel-variabel yang beragam ini menantang penganut Islam – termasuk AlKhawaritzmi – untuk mencari pemecahan yang elegan.

Pemecahan terhadap sistem persamaan yang melibatkan banyak variabel ini membawa ke arah disiplin baru matematika: aljabar. AlKhawaritzmi menulis buku khusus tentang aljabar yang sangat fenomenal. Buku yang berjudul Aljabar ini menjadi panutan bagi matematikawan seluruh dunia. Sehingga nama AlKhawaritzmi menjadi dikenal sebagai Aljabar AlKhawaritzmi (Algebra Algorithm).

Sistem kalender Islam yang berbasis pada komariah (bulan, lunar) memberikan tantangan tersendiri. Penetapan awal bulan menjadi krusial di dalam Islam. Berbeda dengan kalender syamsiah (matahari, solar). Dalam kalender syamsiah, kita tidak begitu sensitif apa berbedaan tanggal 1 Juni dengan 2 Juni. Tetapi pada sistem komariah, perbedaan 1 Ramadhan denga 2 Ramadhan berdampak besar.

Itulah sebabnya, astronomi Islam dapat maju lebih awal. Astronomi memicu lebih berkembangnya teori trigonometri. Aturan sinus, cosinus, dan kawan-kawan berkembang pesat di tangan para astronom Islam waktu itu.

Ajaran agama Islam adalah jalan hidup. Untuk bisa melaksanakan ajaran Islam diperlukan matematika. Matematika menjadi jalan hidup.

Sehebat itukah peran matematika?
Haruskah kita mengambil matematika sebagai jalan hidup?

Tidak selalu! Tidak semua orang perlu mengambil matematika sebagai jalan hidup. Tidak harus semua orang meniru AlKhawaritzmi dan Trachtenberg.

Beberapa orang belajar matematika hanya untuk kesenangan. Beberapa orang yang lain belajar karena kewajiban. Ada pula yang belajar matematika agar naik jabatan. Ada juga agar lulus UN, SPMB, UMPTN. Ada juga untuk menjadi juara.

Masing-masing tujuan, berimplikasi kepada cara belajar matematika yang berbeda. Misalnya bila Anda belajar matematika untuk kepentingan lulus UN, SPMB, UMPTN 2008 akan berbeda dengan belajar untuk memenangkan olimpiade matematika.

Matematika UN, SPMB, UMPTN 2008 hanya menerapkan soal pilihan ganda. Implikasinya Anda hanya dinilai dari jawaban akhir Anda. Proses Anda menemukan jawaban itu tidak penting. Jadi Anda harus memilih siasat yang cepat dan tepat.

Gunakan berbagai macam rumus cepat dalam matematika. Rumus cepat ampuh Anda gunakan untuk UN, SPMB, UMPTN. Tetapi rumus cepat matematika tidak akan berguna untuk olimpiade atau kuliah kalkulus kelak di perguruan tinggi. Anda harus sadar itu.

Contoh rumus cepat matematika yang sering (hampir selalu) berguna ketika UN, SPMB, UMPTN adalah rumus tentang deret aritmetika.

Contoh soal:
Jumlah n suku pertama dari suatu deret adalah Sn = 3n^2 + n. Maka suku ke-11 dari deret tersebut adalah…

Tentu ada banyak cara untuk menyelesaikan soal ini.

Cara pertama, tentukan dulu rumus Un kemudian hitung U11. Cara ini cukup panjang. Tetapi bagus Anda coba untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konsep deret. Rumus Un dapat kita peroleh dari selisih Sn – S(n-1) .

Cara kedua, sedikit lebih cerdik dari cara pertama. Kita tidak perlu menentukan rumus Un. Karena kita memang tidak ditanya rumus tersebut. Kita langsung menghitung U11 dengan cara menghitung selisih
S11 – S10 = U11
[3(11^2) + 11] – [3(10^2) + 10]
= 3.121 – 3.100 + 11 – 10
= 3.21 + 1
= 64

Cara ketiga, adalah rumus matematika paling cepat dari kedua rumus di atas. Tetapi sebelum menerapkan cara ketiga, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu dengan baik.

Are you ready?
Bentuk baku dari n suku pertama deret aritmetika adalah
Sn = (b/2)n^2 + k.n
Un = b(n-1) + a
a = S1 = U1

Anda harus pahami konsep di atas dengan baik. Cobalah untuk beberapa soal yang berbeda-beda. Tanpa pemahaman konsep yang baik, rumus cepat ini akan berubah menjadi rumus berat.

Dengan hanya melihat soal (tanpa menghitung di kertas) bahwa
Sn = 3n^2 + n

Kita peroleh
b = 6 (dari 3 x 2)
a = 4 (dari S1 = 3 + 1)

U11 = 6.10 + 4 = 64 (Selesai)

Semua perhitungan di atas dapat kita lakukan tanpa menggunakan alat tulis. Semua kita lakukan hanya dalam imajinasi kita. Ulangi beberapa kali. Anda pasti akan menguasainya dengan baik.

Trik untuk menguasai rumus cepat matematika adalah kuasai pula rumus standarnya – rumus biasanya. Dengan menguasai dua cara ini Anda akan semakin terampil menggunakan rumus cepat matematika.

Bagaimana pendapat Anda?

Salam hangat….Selamat berjuang Kawan!

matematika menyenangkan



Pernahkah anda mempelajari sesuatu dalam keadaan tegang/stress, takut, tidak nyaman dan tidak tahu apa gunanya? Apakah saat itu anda dapat memahami dan menyerap materi dengan mudah? Bagaimana jika matematika, yang kesannya rumit dan penuh angka, disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan membangkitkan gairah belajar sehingga muridlah yang meminta-minta untuk belajar?

MATHEMAGICS™ adalah metode pembelajaran matematika yang menitikberatkan pada pemahaman anak akan konsep dasar matematika yang benar. Pembelajaran MATHEMAGICS™ menggunakan berbagai macam permainan sehingga menjadi suatu pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak. Pembelajaran yang dilakukan dengan hati riang gembira akan meninggalkan kesan mendalam sehingga anak akan lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

Dalam proses pembelajarannya, MATHEMAGICS™ akan meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga mereka akan mampu dan berani untuk mengerjakan soal dan mencoba untuk menyelesaikannya.

MATHEMAGICS™ mengajarkan metode aljabar, konsep berhitung dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, akar, dan pecahan, dengan memperhatikan aspek psikologis anak. Tujuannya adalah untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih mudah untuk semua anak, dengan mengakomodasi gaya belajar mereka masing-masing. Sebuah perubahan penting, yang pasti dialami anak yang belajar di MATHEMAGICS™ , yaitu matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Satu pengalaman belajar yang hampir tidak pernah dirasakan anak dalam mempelajari matematika saat ini.

Pada awalnya MATHEMAGICS™ merupakan program pembelajaran matematika di Sekolah Anugerah Pekerti, yang dirancang dan dikembangkan oleh Ariesandi Setyono. Di bawah naungan Genius Learning Center dan atas permintaan banyak wali murid, MATHEMAGICS™ kemudian ditawarkan kepada masyarakat luas melalui kursus tersendiri.

MATHEMAGICS™ ditujukan untuk anak usia 5 tahun ke atas, dengan demikian mempunyai pangsa pasar yang sangat besar. Dengan metode pembelajaran yang unik, menyenangkan, efektif, dan efisien, anak menjadi jauh lebih mudah dalam mempelajari dan menguasai materi yang diajarkan.

Genius Learning Center juga memberikan pelatihan psikologi pembelajaran untuk guru-guru di sekolah dan masyarakat umum agar memahami teknologi pembelajaran terbaru, seperti yang diterapkan pada MATHEMAGICS™

Asyiknya Matematika - Trik Cepat Berhitung Perkalian

Buku Trik Cepat Berhitung Perkalian

Buku Trik Cepat Berhitung Perkalian

Bagi kamu pelajar SMP, atau adik-adik yang masih duduk di bangku SD, pelajaran matematika mungkin menjadi pelajaran yang menakutkan. Selain matematika, fisika adalah juga pelajaran yang biasanya paling ditakuti. Sebenarnya, kalau mata pelajaran itu diakrabi, dijadikan tempat untuk having fun, matematika justru sebenarnya sangat mengasyikkan.

Matematika dapat dijadikan salah satu sarana untuk ‘’bermain’’, berteka-teki, atau untuk memangkas berbagai kerumitan.

Stigma rumit yang sering dilekatkan pada matematika sesungguhnya adalah karena angka-angka yang tertulis tidak ditemukan jalan keluarnya. Itu terjadi karena proses belajar yang juga tidak asyik, atau metode pembelajaran yang kurang baik. Padahal, jika kunci dalam matematika ini didapat, kamu dapat mengerjakan soal matematika dengan lebih cepat, bahkan sambil tersenyum dan picing mata.

Kunci utama matematika sesungguhnya adalah kecermatan. Lewat kecermatan inilah kita bisa menentukan, mana dan di mana jalan keluar yang terbaik untuk menjawab soal. Teknik perkalian merupakan titik tekan yang dibahas dalam buku ini. Selain itu membahas dengan enak dan mudah trik rahasia di balik persamaan angka, perkalian angka 11, perkalian angka kuadrat, perkalian dengan selisih angka, juga tentang angka tengah. Pesan penting dari buku ini adalah: jangan takuti matematika.

album actris n acktor korea

JAEBUM JAEBUM JAEBUM JAEBUMiiiiiiiiiiii~~

WON BIN AAAAAAAAAAH~~~~
Image

SUPPORT FT ISLAND FOR EVER..

AND WON BIN AAH~~~ T_______T




I LOOOOOOVE :

2PM.. Taekyeon
Image

Big Bang ..T.O.P
Image

F.T Island..Jonghun
Image

DBSK "Xiah junsu"
Image

SUPER JUNIOR "LeeTeuk"
Image

Shinee "Onew"
Image

Shinwa "JunJin"
Image

Super Junior M "Henry"
Image

Eru ^^
Image

Son Ho Young
Image

F.T Island ^^
Image

V.O.S
Image

Supernova
Image

CSJH
Image

They R REALLY GOOD !!

* So SM entertainment DID consider (A GOOD VOICE) is important in a GIRLBAND huh?!!!*

loool

Younha
Image

Hyun young
Image

Wonder Girls
Image


SeeYa
Image

Followers

kReNk....ZZZzzz aBi zzz

kReNk....ZZZzzz aBi zzz

ImeNk mahkOtA

ImeNk mahkOtA

GiTaRz......ZZzz.....

GiTaRz......ZZzz.....

MahKoTa mBonK .....

MahKoTa mBonK .....

Sharang H3a

Sharang H3a